Link Berikut Klik disini
SATUAN
ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
TYPOID
Pokok Bahasan :TYPOID
Sub Pokok Bahasan : PENYEBAB TYPOID
Sasaran :
Remaja
Hari/Tanggal :
kamis, 10 November 2016
Tempat :
SMA MUAHMMADIYAH 1 PRINGSEWU
Pemateri : Helmirida, Amd.Kep
A. Deskripsi
Sebagai makhluk hidup
tentunya manusia memerlukan makan untuk dapat hidup dan terus melakukan
reproduksi. Oleh karenanya kita harus dapat menjaga sanitasi makanan yang tiap
harinya kita konsumsi, kerana faktanya makanan yang kita konsumsi belum tentu
hygenies, sehingga memudahkan vektor untuk masuk ke dalam tubuh manusia melalui
makanan yang kita konsumsi. Salah satu penyakit yang dapat timbul akibat vektor
ialah demam typoid (tipes). Apalagi sebagai mahasiswa kita harus dapat menjaga
kebersihan makanan kita, jangan sampai terkontaminasi dengan berbagai vektor
yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit, karena diketahui bahwasannya demam
typoid itu biasanya merupakan penyakit yang erat kaitannya dengan mahasiswa.
Pada dasarnya setiap orang dapat terkena yang namanya demam typoid, akan tetapi
mahasiswa dengan jadwal yang padat sehingga memungkinkan diriya untuk bekerja
ekstra terhadap tugas, sehingga harus begadang untuk menyelesaikan
tugas-tugasnya. Selain faktor makanan yang kurang hygenies, kurang istirahat
atau sering begadang merupakan bagian dari faktor resiko terkena
penyakittypoid.
Demam typoid atau tifus abdominalis merupakan penyakit infeksi akut
usus halus yang disebabkan oleh kuman Salmonella thyphosi. Penyakit ini
termasuk penyakit menular, dengan rute penularannya dalam bahasa Inggris
disingkat 3F, yaitu Feces (kotoran manusia), Fly (lalat), dan Food (makanan).
Pernah dilakukan survey sederhana, ternyata sebagian gado-gado di sekitar
Jakarta, mengandung kuman typoid. Tapi tidak usah kaget, karena memang Jakarta
endemis penyakit ini. Artinya sepanjang tahun, pasti ada orang yang kena
penyakit typoid.
Tujuan
1. Tujuan Umum
Setelah dilakukan pendidikan kesehatan selama 50 menit peserta dapat
penyakit TYPOID
2. Tujuan Khusus
Setelah dilakukan
pendidikan kesehatan selama 50
menit peserta dapat menjelaskan kembali :
a. Pengertian TYPOID
b. Penyebab TYPOID
c. Tanda gejalaTYPOID
d. Cara penularan
TYPOID
e. Cara pencegahan
TYPOID
B.
Materi (terlampir)
1. Pengertian TYPOID
2. Penyebab TYPOID
3. Tanda gejala TYPOID
4. Cara penularan TYPOID
5. Cara pencegahan TYPOID
C.
Kegiatan Pembelajaran.
WAKTU
|
KEGIATAN KOMUNIKATOR
|
KEGIATAN PESERTA
|
METODE
|
Pembukaan (10
menit)
|
·
Mengucap salam
·
Validasi
keadaan peserta
·
Menjelaskan
maksud dan tujuan
·
Menyebutkan
materi yang akan disampaikan
|
·
Menjawab salam
·
Memperhatikan
·
Mendengarkan
·
Mendengarkan
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
Inti
(40 menit)
|
·
Menjelaskan
pengertian TYPOID
·
Memberikan kesempatan
pada peserta untuk bertanya
·
Menjelaskan
penyebab TYPOID
·
Memberi
kesempatan pada peserta untuk bertanya
·
Menjelaskan
tanda gejala TYPOID
·
Memberi
kesempatan pada peserta untuk bertanya
·
Menjelaskan
cara penularan TYPOID
·
Memberi
kesempatan peserta untuk bertanya
·
Menjelaskan
cara pencegahan TYPOID
·
Memberi
kesempatan pada peserta untuk bertanya
|
·
Mendengarkan
dan memperhatikan
·
Bertanya
·
Mendengarkan
dan memperhatikan
·
Bertanya
·
Mendengarkan
dan memperhatikan
·
Bertanya
·
Mendengarkan
dan memperhatikan
·
Bertanya
·
Mendengarkan
dan memperhatikan
·
bertanya
|
Ceramah dan
diskusi
|
PENUTUP (10
menit)
|
·
Memberikan
kesempatan peserta untuk bertanya
·
Mrangkum/menyimpulkan
materi
·
Kontrak yang
akan datang
·
Mengucap salam
penutup
|
·
Bertanya
·
Mendengarkan
dan memperhatikan
·
Menyepakati
·
Menjawab salam
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
D.
Evaluasi
1.
Evaluasi struktur
a. Peserta menyepakati kontrak untuk dilakukan
penyuluhan
b. Media tersedia sesuai dengan kebutuhan
c. Materi penyuluhan telah disiapkan
d. Tempat kegiatan penyuluhan telah disiapkan
2.
Evaluasi proses
a. Waktu penyuluhan dilakukan sesuai dengan
kesepakatan
b. Komunikator dapat menyampaikan materi dengan baik
dan lancar
c. Peserta dapat mengikuti kegiatan sampai dengan
selesai
d. Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan dengan
banyak bertanya
e. Selama kegiatan berlangsung peserta tidak ada yang
meninggalkan tempat
3.
Evaluasi hasil
85% peserta dapat
menjelaskan kembali :
a. Pengertian TYPOID
b. Penyebab TYPOID
c. Tanda gejala TYPOID
d. Cara penularan TYPOID
e. Cara pencegahan TYPOID
No comments:
Post a Comment