Sunday, February 17, 2019

SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) TYPOID(TIFUS)

Link Berikut Klik disini

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
TYPOID

Pokok Bahasan           :TYPOID
Sub Pokok Bahasan    : PENYEBAB TYPOID
Sasaran                        : Remaja         
Hari/Tanggal               : kamis, 10 November 2016
Tempat                        : SMA MUAHMMADIYAH 1 PRINGSEWU
Pemateri                      : Helmirida, Amd.Kep

A.      Deskripsi
     Sebagai makhluk hidup tentunya manusia memerlukan makan untuk dapat hidup dan terus melakukan reproduksi. Oleh karenanya kita harus dapat menjaga sanitasi makanan yang tiap harinya kita konsumsi, kerana faktanya makanan yang kita konsumsi belum tentu hygenies, sehingga memudahkan vektor untuk masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan yang kita konsumsi. Salah satu penyakit yang dapat timbul akibat vektor ialah demam typoid (tipes). Apalagi sebagai mahasiswa kita harus dapat menjaga kebersihan makanan kita, jangan sampai terkontaminasi dengan berbagai vektor yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit, karena diketahui bahwasannya demam typoid itu biasanya merupakan penyakit yang erat kaitannya dengan mahasiswa. Pada dasarnya setiap orang dapat terkena yang namanya demam typoid, akan tetapi mahasiswa dengan jadwal yang padat sehingga memungkinkan diriya untuk bekerja ekstra terhadap tugas, sehingga harus begadang untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Selain faktor makanan yang kurang hygenies, kurang istirahat atau sering begadang merupakan bagian dari faktor resiko terkena penyakittypoid.
Demam typoid atau tifus abdominalis merupakan penyakit infeksi akut usus halus yang disebabkan oleh kuman Salmonella thyphosi. Penyakit ini termasuk penyakit menular, dengan rute penularannya dalam bahasa Inggris disingkat 3F, yaitu Feces (kotoran manusia), Fly (lalat), dan Food (makanan). Pernah dilakukan survey sederhana, ternyata sebagian gado-gado di sekitar Jakarta, mengandung kuman typoid. Tapi tidak usah kaget, karena memang Jakarta endemis penyakit ini. Artinya sepanjang tahun, pasti ada orang yang kena penyakit typoid.


Tujuan
1.  Tujuan Umum
Setelah dilakukan  pendidikan  kesehatan selama 50 menit peserta dapat penyakit TYPOID
2.  Tujuan Khusus
Setelah dilakukan  pendidikan  kesehatan selama 50 menit peserta dapat menjelaskan kembali :
a.       Pengertian TYPOID
b.      Penyebab TYPOID
c.       Tanda gejalaTYPOID
d.      Cara penularan  TYPOID
e.       Cara pencegahan  TYPOID

B.     Materi (terlampir)
1.    Pengertian TYPOID
2.    Penyebab TYPOID
3.    Tanda gejala TYPOID
4.    Cara penularan TYPOID
5.    Cara pencegahan TYPOID





C.    Kegiatan Pembelajaran.
WAKTU
KEGIATAN KOMUNIKATOR
KEGIATAN PESERTA
METODE
Pembukaan (10 menit)
·         Mengucap salam
·         Validasi keadaan peserta
·         Menjelaskan maksud dan tujuan
·         Menyebutkan materi yang akan disampaikan
·    Menjawab salam
·    Memperhatikan

·    Mendengarkan

·    Mendengarkan
Ceramah dan tanya jawab
Inti
(40 menit)
·         Menjelaskan pengertian TYPOID
·         Memberikan kesempatan pada peserta untuk bertanya
·         Menjelaskan penyebab TYPOID
·         Memberi kesempatan pada peserta untuk bertanya
·         Menjelaskan tanda gejala TYPOID
·         Memberi kesempatan pada peserta untuk bertanya
·         Menjelaskan cara penularan TYPOID
·         Memberi kesempatan peserta untuk bertanya
·         Menjelaskan cara pencegahan TYPOID
·         Memberi kesempatan pada peserta untuk bertanya
·    Mendengarkan dan memperhatikan
·    Bertanya



·    Mendengarkan dan memperhatikan
·    Bertanya


·    Mendengarkan dan memperhatikan
·    Bertanya


·    Mendengarkan dan memperhatikan
·    Bertanya


·    Mendengarkan dan memperhatikan
·    bertanya
Ceramah dan diskusi
PENUTUP (10 menit)
·         Memberikan kesempatan peserta untuk bertanya
·         Mrangkum/menyimpulkan materi

·         Kontrak yang akan datang
·         Mengucap salam penutup
·         Bertanya


·         Mendengarkan dan memperhatikan
·         Menyepakati

·         Menjawab salam


Ceramah dan tanya jawab
















D.    Evaluasi
1.      Evaluasi struktur
a.       Peserta menyepakati kontrak untuk dilakukan penyuluhan
b.      Media tersedia sesuai dengan kebutuhan
c.       Materi penyuluhan telah disiapkan
d.      Tempat kegiatan penyuluhan telah disiapkan

2.      Evaluasi proses
a.       Waktu penyuluhan dilakukan sesuai dengan kesepakatan
b.      Komunikator dapat menyampaikan materi dengan baik dan lancar
c.       Peserta dapat mengikuti kegiatan sampai dengan selesai
d.      Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan dengan banyak bertanya
e.       Selama kegiatan berlangsung peserta tidak ada yang meninggalkan tempat

3.      Evaluasi hasil
85% peserta dapat menjelaskan kembali :
a.       Pengertian TYPOID
b.      Penyebab TYPOID
c.       Tanda gejala TYPOID
d.      Cara penularan TYPOID
e.       Cara pencegahan TYPOID




No comments:

Post a Comment

MENCUCI TANGAN DENGAN LARUTAN BERBAHAN DASAR ALKOHOL

LOGO RUMAH SAKIT MENCUCI TANGAN DENGAN LARUTAN BERBAHAN DASAR ALKOHOL NomorDokumen :     /RS UD ...